Jobseeker / workplace, Rabu, 13/09/2017 00:00 WIB

"Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti

Kamu dinyatakan lolos seleksi kerja, namun kamu bingung akan mengambil kesempatan atau tidak. Supaya tak bingung, ada baiknya kamu simak artikel yang kami ulas di bawah ini.

Mendapat kabar bahwa kamu lolos seleksi kerja merupakan salah satu kabar gembira. Selain menjadi lega, hal ini juga merupakan puncak awal setelah kamu mengikuti rangakaian seleksi yang banyak dan menguras pikiran. Namun biasanya ada beberapa orang yang bimbang dengan keputusan yang akan diambil setelahnya, apakah akan menerima kesempatan kerja atau tidak.

Keputusan akan menerima tawaran kerja atau tidak memang harus dipertimbangkan matang-matang. Karena pekerjaan ini nantinya akan mempengaruhi hal lain dalam hidupmu, seperti kesejahteraan, tabungan, biaya hidup, waktu luang, dan rencana hidup lainnya. Maka dari itu, supaya keputusan menerima atau menolak pekerjaan ini menjadi hal yang wajib kamu pertimbangkan. Beberapa poin yang kami ulas di bawah ini, bisa kamu jadikan bahan pertimbangkan untuk keputusan yang berhubungan dengan karirmu.

1. Gaji

Besaran gaji termasuk fasilitas yang diberikan perusahaan menjadi pertanyaan pertama para pencari kerja. Maka tidak heran jika poin ini menjadi prioritas pertama dalam berkarir. Gaji yang tinggi belum tentu menjamin kesejahteraan tercukupi. Gali lebih dalam mengenai detai gaji yang kamu terima, fasilitas lain, beserta kemungkinan-kemungkinan pengeluaran lain yang menyangkut teknis kerja yang tidak ter-cover dalam keterangan gaji. Selain itu, bandingkan dengan nominal rencana tabunganmu. Bekerja, mendapatkan penghasilan dan berinvestasi, tentu menjadi impian setiap karyawan.

2. Pengembangan Diri

Gali lebih dalam mengenai deskripsi bidang kerjamu. Pekerjaan atau karir yang baik tentu akan membuat pekerjanya berkembang menjadi baik pula. Apakah ada fasilitas pengembangan diri seperti motivation training, softskill training, brainstorming session, hingga fasilitas olahraga dan stress release. Beberapa fasilitas tersebut sangat berguna untuk perkembangan diri karyawan, karena akan berpengaruh pada kinerja dan kualitas kerja.

3. Penahanan Ijazah

Biasanya, perusahaan milik negara memberikan peraturan penahanan ijazah asli  kepada karyawannya. Pikirkan kembali, apakah kamu setuju dengan sistem tersebut atau tidak, apakah selamanya kamu akan bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

4. Denda Pinalti Untuk Pengunduran Diri

Ketentuan ini biasanya mengikuti dengan sistem adanya penahanan ijazah. Nominal yang ditentukan juga beragam, ada yang belasan hingga puluhan juta rupiah. Buat kamu yang juga sudah terlanjur menandatangi kontrak kerja, tidak usah khawatir. Adanya denda pinalti sebenarnya bisa dijadikan untuk motivasi bertahan. Dengan masih bertahan, otomatis waktu kamu untuk belajar dan mengembangkan diri masih banyak. Bukankah itu jadi bekal yang baik untuk mencari pekerjaan selanjutnya?

5. Jenjang Karir

Faktor yang tak kalah penting lainnya adalah jenjang karir.  Jenjang karir menyangkut jangka waktu tertentu perihal keputusan pengangkatan dan status karyawan, serta jabatan yang akan kamu terima. Selain itu tanyakan secara detail mengenai kenaikan gaji, supaya kamu semakin jelas dengan detail pekerjaanmu.  

6. Kondisi Perusahaan

Kondisi perusahaan akan berpengaruh pada kebijakan apa saja yang perusahaan terapkan untuk karyawannya. Kredibilitas tentang calon perusahaanmu juga harus kamu gali. Semakin kredibel perusahaan biasanya semakin besar pula kesempatan mengembangkan diri bagi karyawannya. Informasi tentang kredibilitas perusahaan bisa kamu gali melalui berbagai media. Kredibilitas perusahaan ini juga mempengaruhi proses kerja karyawan, misalnya saja dalam divisi penjualan. Semakin baik kredibilitas perusahaan, maka karyawan juga semakin mudah menjual produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Nah, beberapa poin yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menerima atau menolak suatu tawaran kerja di atas bisa kamu jadikan salah satu acuan untuk kehidupan karirmu. Namun semua tergantung pada masing-masing orang. Karena setiap faktor juga memberikan pengaruh yang berbeda untuk setiap orang.

Semoga menginspirasi. [careernews.id]


Penulis : Tri Puspitasari
Editor : Puspa A. Mala
Grafis : Bentar Sadani
[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage Jobseeker / workplace,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage
7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 31/07/2017 16:00 WIB 7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Mereka Merasakan Kemudahan Mengerjakan Online Assessment ECC. Kalau Kamu? Jobseeker / workplace,
Jumat, 07/07/2017 12:00 WIB Mereka Merasakan Kemudahan Mengerjakan Online Assessment ECC. Kalau Kamu?
Charge Kemampuan Setelah Lebaran, Berjuang Kembali Jadi Lebih Mapan! Jobseeker / workplace,
Rabu, 05/07/2017 10:00 WIB Charge Kemampuan Setelah Lebaran, Berjuang Kembali Jadi Lebih Mapan!
"Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png