Jobseeker / workplace, Senin, 16/06/2014 11:00 WIB

Tetap Berstamina Saat Puasa

Siapa bilang puasa menghalangi aktivitas? Tip di bawah ini dapat Anda praktikkan dan dapat membuat Anda tetap bugar meski Anda berpuasa.
Tetap Berstamina Saat Puasa
Tak terasa dalam hitungan hari, Ramadan akan datang menghampiri. Sudah merupakan kewajiban umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan saat Ramadan.

Namun demikian, jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, Anda harus tetap produktif dan beraktivitas seperti biasa. Nah, dr. Asma’ul Kholifia pun berbagi tip agar Anda tetap berstamina selama Anda menjalankan ibadah puasa.


1. Olahraga
“Usahakan untuk tetap olahraga. Silakan menyesuaikan waktu luang Anda, bisa pada pagi hari atau sore hari sebelum berbuka,” ucap Fia, panggilan akrabnya. Fia menambahkan, olahraga yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. “Meski disarankan untuk berolahraga, tetapi disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Jangan dipaksakan juga,” tambahnya.

2. Minum air putih
Jika tidak berpuasa, normalnya orang meminum dua liter air putih setiap harinya. Begitu pun orang yang sedang berpuasa. “Sebaiknya Anda tetap minum air putih seperti orang normal, dua liter per hari. Agar wajah Anda tetap segar dan tidak tampak pucat,” ucap dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini.

3. Makan sayur dan buah
Sayur dan buah adalah asupan gizi yang baik selama puasa. “Selain air putih, sayur dan buah adalah salah satu asupan yang wajib diperbanyak saat puasa,” jelas Fia.

4. Kurangi vitamin suplemen
“Kalau tidak sakit sekali, usahakan untuk hindari vitamin suplemen,” tutur dokter yang sedang menempuh pendidikan dokter spesialis anak di UGM ini. Fia mengungkap, Anda dapat memenuhi asupan vitamin dengan perbanyak makan sayur dan buah.

5. Makan secara bertahap
Kadang saat buka puasa, beberapa orang sering kalap dalam menyantap kudapan berbuka. Fia berkata, “Saat buka puasa, jangan langsung semua makanan masuk, tapi bertahap.” Selain itu, hindari pula makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin.

6. Aktivitas seperti biasa
Banyak orang salah kaprah. Saat puasa malah santai dan bermalas-malasan. Padahal menurut Fia, ketika berpuasa Anda seharusnya tetap beraktivitas. “Saat berpuasa, Anda jangan malah enggak melakukan apa-apa, karena itu bisa menyebabkan lemas,” papar Fia. Namun kembali lagi, aktivitas yang Anda lakukan harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan terlalu memaksakan tetapi juga jangan tidak melakukan apa-apa. 

Anda memiliki tip lain untuk tetap sehat selama puasa? Yuk tuliskan saran Anda. Jika terpilih, tulisan Anda dapat ditayangkan di situs CareerNews. Tak hanya itu, Anda dapat menuliskan topik lainya untuk dimuat di CareerNews. Simak info lengkapnya  di sini.


Selamat menyambut Ramadan bagi Anda yang menjalankannya!

Semangat selalu! [CN]


Penulis            : Annisa Ika TIwi

Editor             : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis              : Muhammad Setiawan


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tetap Berstamina Saat Puasa | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png