Career Issue, Jumat, 09/06/2017 13:55 WIB

CV Saja Tak Cukup, Kamu Perlu Kuasai Beberapa Kemampuan Ini

Jangan pesimis jika CV-mu tak sebaik yang lain. Rekruter bisa melirikmu asal kamu punya beberapa kemampuan ini!
CV Saja Tak Cukup, Kamu Perlu Kuasai Beberapa Kemampuan Ini
Siapa sih tak bangga bisa punya gelar dan rentetan kemampuan akademis yang okay? Capaian tersebut tentu mampu membuat CV-mu nampak lebih menjanjikan. Pun kamu sendiri merasa lebih percaya diri karena kualifikasi teknismu akan menjadikanmu kandidat terbaik di antara yang lain.

Sebenarnya, terdapat banyak faktor yang pada akhirnya membuat perusahaan memutuskan untuk merekrutmu atau tidak. Salah satunya adalah kemampuan non-teknismu atau biasa disebut  dengan soft skill. Yup, dalam dunia kerja, latar belakang pendidikan dan kemampuan teknismu tak melulu bisa memenangkan hati perusahaan tempatmu melamar. Bukan tidak mungkin perusahaan justru memberikan pekerjaan tersebut pada kandidat lain dengan kualifikasi di bawahmu karena ia lebih terampil secara soft skill daripada kamu.

Soft skill adalah kombinasi antara kepribadian, sikap, dan kemampuan sosial yang kamu miliki. Mulai dari bagaimana kamu berkomunikasi, sikapmu dalam menyelesaikan masalah, hingga kemampuanmu bekerja sama dengan orang lain, biasanya akan terpancar saat tahap wawancara. Mengingat soft skill ternyata mampu memengaruhi penilaian perusahaan terhadap calon karyawannya maka tak ada salahnya bagimu untuk mempersiapkan diri sedini mungkin.

Nah, apa saja sih soft skill yang dicari perusahaan dari jobseeker?


Kemampuan komunikasi

Seperti yang dilansir oleh mydaytondailynews.com, Stacy Vorhees, pemilik sekaligus pengurus restoran cepat saji McDonald di daerah Auglaize dan Mercer, Ohio, Amerika, mengutarakan bahwa kemampuan komunikasi, baik dalam tim maupun dengan pelanggan, adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh calon karyawannya.


Kemampuan adaptasi

Vorhees juga menekankan bahwa penting bagi jobseeker untuk mampu beradaptasi dengan baik. Secara tidak langsung, kemampuan tersebut juga berkaitan dengan kemauan jobseeker untuk belajar dan berkembang dengan cepat. Pasalnya, menurut Vorhees, saat bekerja nanti, perusahaan akan mengerahkan tenaga dan biaya untuk mengajarkan dan melatih mereka dengan hal-hal baru. Jadi, ketika karyawan mampu menguasai apa yang dilatih oleh perusahaan dengan baik dan dalam tempo singkat, tentu saja hal tersebut akan mendatangkan keuntungan.


Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain

Dalam dunia kerja nanti, akan ada momen di mana kamu diharuskan untuk menjalin kerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan. Entah itu menjadi pemimpin atau yang dipimpin, perusahaan menginginkan karyawannya mampu bekerja sebagai pemain tim yang efektif.

Nah, agar lebih siap saat mencari kerja nanti, kamu bisa mulai melatih kemampuan-kemampuan tersebut salah satunya dengan mengikuti kegiatan ECC di bulan Mei mendatang. Ada banyak program bermanfaat yang bisa kamu ikuti.

Atau, bisa juga dengan mengikuti kegiatan volunteer di organisasi non-profit yang ada di sekitarmu. Dilansir monster.com, di organisasi non-profit tersebut kamu bisa mencoba mencari sosok mentor. Pun jika bisa, jangan batasi dirimu untuk belajar hanya satu hal di sana. Pelajari juga hal-hal lain, seperti problem solving, leadership, dan etos kerja yang baik. Sekalipun nantinya kegiatan volunteer berlangsung singkat, setidaknya kamu bisa memeroleh pengalaman berharga untuk bekalmu saat memasuki dunia kerja nanti.

Bagaimana menurut pengalaman jobseeker sendiri? Soft skill apalagi yang diperlukan? Yuk, mari saling berbagi!




Penulis      : Elyzabeth Winda

Editor        : Yuana Anandatama


Tags : CV, Softskill, komunikasi, kemampuan komunikasi, kemampuan beradaptasi, tips dapat kerja, tips CV,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
CV Saja Tak Cukup, Kamu Perlu Kuasai Beberapa Kemampuan Ini | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png